Jumat
Pukul : 16:46:02

Sudarman, S.Kom

| More

Fakta-fakta Unik yang Mungkin Belum Anda Ketahui tentang Jembatan Ampera dan Sungai Musi

SRIPOKU.COM -- Palembang, siapa yang tidak tahu kota yang satu ini.

Kota sebagai penghasil makanan fenomenal pempek ini termasuk salah satu kota besar di Indonesia.

Selain Pempek, Sungai Musi dan Jembatan Ampera pun jadi dua dari beberapa maskot serta daya tarik dari kota kebanggaan para Wong Kito Galo ini.

Sedikit informasi tentang Sungai Musi, sejak zaman Kerajaan Sriwijaya, sungai yang terbentang kurang lebih sepanjang 750 km ini terkenal sebagai sarana utama transportasi kerajaan dan masyarakat.

Hal itu berlanjut hingga masa pemerintahan Kesultanan Palembang Darussalam.

Bahkan hingga kini Sungai Musi masih menjadi sara alternatif jalur transportasi ke beberapa daerah tertentu, terutama yang berada di Sumatera Selatan.

Bagi anda warga Palembang atau warga kota selain Palembang, tahukah anda beberapa fakta unik tentang Palembang yang mungkin belum anda ketahui hingga sekarang, khususnya tentang maskot kebanggaannya?

Simak selengkapnya di bawah ini!

---

1. Palembang juga disebut dengan kota dari 20 pulau atau De Stad Der Twintig Eilanded (The City Of 20 Island).

Dahulu, terdapat 108 sungai yang membelah kota Palembang dengan lembahnya yang berawa-rawa sehingga tampak seperti puluhan pulau kecil yang tersebar dan mengelilingi palembang.

Kenyataannya, di Sungai Musi terdapat 2 pulau, Yaitu Kembaro (Kemaro) Dan Kerto.

Ilustrasi.Ilustrasi. (SRIPOKU.COM/WELLY HADINATA)

---

2. Palembang juga memiliki julukan yang lebih eksotik, yaitu Venezia dari timur.

Begitu banyak sungai di kota palembang sehingga bangsa eropa (Belanda khususnya) memberi julukan kepada Palembang seperti sebuah kota di Italia.

Tugu Belido yang sudah dinanti-nantikan warga Kota Palembang, kini sudah berdiri di pinggir Sungai Musi, Benteng Kuto Besak (BKB), Rabu (2/7/2017). Sejumlah pekerja terlihat merapikan badan belido yang terbuat dari tembaga tersebut.Tugu Belido yang sudah dinanti-nantikan warga Kota Palembang, kini sudah berdiri di pinggir Sungai Musi, Benteng Kuto Besak (BKB), Rabu (2/7/2017). Sejumlah pekerja terlihat merapikan badan belido yang terbuat dari tembaga tersebut. (SRIPOKU.COM/SYAHRUL HIDAYAT)

---

3. Pada awalnya jembatan ampera dinamakan Jembatan Bung Karno.

Menurut sejarawan, Djohan Hanafiah, pemberian nama ini sebagai bentuk penghargaan kepada Presiden RI pertama tersebut atas kesungguhannya untuk memperjuangkan keinginan warga Palembang untuk memiliki sebuah jembatan di atas Sungai Musi.

Jembatan Ampera ini mulai dibangun dari tahun 1962 dan rampung pada tahun 1965.

Salah satu rumah makan terapung yang berjejer di pinggiran Sungai Musi samping Jembatan Ampera Palembang,  Selasa (21/2/2017).Salah satu rumah makan terapung yang berjejer di pinggiran Sungai Musi samping Jembatan Ampera Palembang, Selasa (21/2/2017). (SRIPOKU.COM/ODI ARIA SAPUTRA)

---

4. struktur Jembatan Ampera memiliki panjang 117 m dengan bagian tengah jembatan sepanjang 71,90m persis di atas Sungai Musi, lebar 22 m, tinggi 11,5 m dari permukaan air, tinggi menara 63 m dari permukaan tanah, jarak antara menara 75m dan berat 944 ton.

Hari ketiga lebaran Idul Fitri 1437, arus lalulintas di Jembatan Ampera Palembang sangat padat dan cenderung macet, Jumat (8/7/2016).Hari ketiga lebaran Idul Fitri 1437, arus lalulintas di Jembatan Ampera Palembang sangat padat dan cenderung macet, Jumat (8/7/2016). (SRIPOKU.COM/WELLY HADINATA)

---

5. Biaya yang di habiskan pada awal pembangunan Jembatan Ampera adalah 4.500.000 dolar AS (kurs saat itu 1 dollar = Rp200).

Dana ini didapat dari hasil rampasan perang saat Jepang mudur dari Indonesia pada Perang Dunia II.

Namun, arsitek yang membuat rancangan ini adalah seorang warga negara Jepang.

Jembatan Ampera.Jembatan Ampera. (SRIPOKU.COM/ZAINI)

---

6. Konon nama pempek itu berasal dari panggilan seseorang yang tua dari cina ‘’Apek’’ yang pertama kali meracik sedemikian rupa tapioka, ikan dan rempah-rempah menjadi makanan pada tahun 1617.

Pempek Palembang AwanPempek Palembang Awan (Catur Guna Yuyun Ang)

---

Dengan banyak keanekaragaman yang ada di kota palembang ini, mulai dari budaya, sejarah dan tentunya makanan khasnya, makin sayang deh dengan kota kelahiran tercinta ini !

Bagi anda yang sedang berada diluar Pulau Sumatera ataupun di sekitaran Provinsi Sumatera Selatans, dan ingin merencanakan liburan selanjutnya, mungkin bisa menambahkan destinasi wisata anda Ke Kota Palembang.

Selamat berwisata!

 ---

Sumber: 100 tempat liburan keluarga indonesia by anasthasia R.Y. Sadrach hal 11

Sumber : SRIPO Kamis, 03/08/2017

Berita Terkait

Sekilas Info

  • Presiden AS Barack Obama memesan Nasi Goreng di restoran Bali langsung dari Amerika


  • Menurut United Stated Trade Representatives, 25% obat yang beredar di Indonesia adalah palsu.


  • Menurut peneliti di Detroit, orang yang selalu tersenyum lebar cenderung hidup lebih lama.


  • WHO merilis, 30 persen anak-anak di dunia kecanduan menonton televisi dan bermain komputer.


  • Anak yang mengalami gangguan tidur, cenderung memakai obat2an dan alkohol berlebih saat dewasa.


Indeks Berita

Peta Lokasi