Rabu
Pukul : 14:02:44

Ria Anggraini, A.Md

| More

Kemenkominfo Sasar Sumsel Jadi Percontohan Tanda Tangan Digital

Provinsi Sumatera Selatan termasuk salah satu provinsi di Indonesia yang menjadi sasaran Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) yang dianggap bisa jadi percontohan penerapan tanda tangan digital pada transaksi elektronik.
“Kami ingin Sumsel dapat menjadi percontohan dalam menerapkan ini. Apalagi masyarakat Sumsel siap memanfaatkan tanda tangan digital pada setiap transaksi elektronik ke depannya,” kata Staf Ahli Menteri Bidang Teknologi Kominfo RI Herry Abdul Aziz di sela-sela Seminar & Workshop Tanda Tangan Digital Pada Transaksi Elektronik, di Horison Ultima Hotel Palembang, Selasa (22/11).
Tanda tangan elektronik ini, menurut Herry, memiliki kekuatan hukum yang sama dengan tanda tangan di atas kertas. Hal itu sesuai dengan Undang-Undang (UU) Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).
“Tanda Tangan Digital ini memberikan jaminan identitas yang valid, jaminan kerahasiaan, jaminan integritas, serta jaminan nirsangkal terhadap dokumen dan transaksi elektronik,” jelas dia.
Dalam penggunaannya, lanjut Herry, sistem tanda tangan ini memiliki tingkat keamanan yang tak bisa dipalsukan. Sebab, masing-masing orang akan memiliki personal indentification number (PIN) yang harus dimasukkan sebelum melakukan tanda tangan elektronik.
Ia juga menambahkan, untuk membuat tanda tangan digital tersebut pengguna harus memiliki hardware berupa flashdisk. Dalam hal ini, flashdisk tersebut perannya sama dengan kartu debit karena menggunakan PIN saat akan menggunakannya.
“Jadi ini bukan flashdisk biasa, melainkan di dalamnya sudah ada aplikasi dan pin yang hanya bisa diakses oleh pengguna,” ungkapnya.
Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Nasrub yang hadir pada acara tersebut menyambut baik adanya terobosan baru tersebut. Tentunya masyarakat di Sumsel mendukung hal itu.
“Jika Sumsel menjadi percontohan dalam penerapan tanda tangan digital ini, program ini diharapkan dapat memberi pelayanan yang mudah kepada masyarakat,” pungkas dia. #rio
 
(sumber:berita pagi)

Berita Terkait

Sekilas Info

  • Presiden AS Barack Obama memesan Nasi Goreng di restoran Bali langsung dari Amerika


  • Menurut United Stated Trade Representatives, 25% obat yang beredar di Indonesia adalah palsu.


  • Menurut peneliti di Detroit, orang yang selalu tersenyum lebar cenderung hidup lebih lama.


  • WHO merilis, 30 persen anak-anak di dunia kecanduan menonton televisi dan bermain komputer.


  • Anak yang mengalami gangguan tidur, cenderung memakai obat2an dan alkohol berlebih saat dewasa.


Indeks Berita

Peta Lokasi